Kacang panjang merupakan leguminosa tahunan berasal dari Afrika dan sebagian besar tanaman tersebut tumbuh. di sana selama musim hujan lebih pendek (Agustus-Oktober). Leguminosa ini merupakan tanaman yang ideal untuk daerah semi kering Di Indonesia, khususnya kacang tunggak ditanam di kering daerah dengan curah hujan tahunan rendah seperti Propinsi Timor Timur di Indonesia timur, seperti tanaman pangan.

Kacang panjang (Vigna sinensis) adalah salah satu jenis tanaman sayur-sayuran yang memiliki banyak kegunaan. Salah satu diantaranya adalah sebagai bahan makanan yang dijadikan sayuran sehari-harinya. Kacang panjang diketahui megandung betakaroten, klorofil, vitamin B1 dan B2, serat serta pektin.Karena kandungan dari kacang panjang sangatlah beragam, kacang panjang dapat digunakan sebagai obat berbagai penyakit diantaranya mengendalikan kadar gula darah, mengatasi hipertensi, memperkecil resiko stroke dan serangan jantung, meningkatkan fungsi organ pencernaan, menurunkan risiko kanker dan membantu mengatasi sembelit.

Selain kandungan diatas kacang panjang juga memiliki kandungan gizi yang tinggi diantaranya vitamin A, B1, B2 dan C, protein, tiamin, riboflavin, fosfor, zat besi, potassium folat, magnesium, mangan, kalori, sodium, karbohidrat, kalsium. Tidak hanya buah, yang bisa memberikan manfaat. Daun kacang panjang, ternyata juga memberikan banyak khasiat diantaranya meluruhkan air seni. Menurut penelitian lainnya, kacang panjang juga dapat menghancurkan batu ginjal. Selain itu, juga bisa mencegah kelainan `antibodi, meningkatkan fungsi limpa, meningkatkan penyatuan DNA dan RNA, meningkatkan fungsi sel darah merah, beri-beri, demam berdarah, kurang darah, sakit pinggang, rematik, pembengkakan, meningkatkan nafsu makan, dan sukar buang air besar.

Berbagai nilai ekonomi dari kacang panjang menjadikan latar belakang utama kami untuk membuat disease notebook mengenai penyakit-penyakit yang menyerang kacang panjang diantaranya penyakit sapu, antraknosa, embun putih dan dan sekaligus memberikan solusi penanggulangan penyakit tersebut.

One Response to “penyakit pada tanaman kacang panjang”

Leave a Reply